Mulai Berzakat

HUMANITY CARD

kartu pangan

 

Humanity Card: Dari, Oleh, dan Untuk Umat

"Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya" (Ali Imran ayat 92)

Belum habis masa untuk memuliakan para penerima zakat (mustahiq). Sejumlah program bantuan kemanusiaan ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia melalui program Humanity Card (HC) yang digagas oleh Global Zakat - Aksi Cepat Tanggap (ACT). Program yang memungkinkan masyarakat untuk berderma sekaligus memuliakan para mustahiq zakat ini terus menjangkau lebih banyak orang hingga ke belahan dunia.

Kartu hijau kecil seukuran KTP ini pertama kali menyapa masyarakat dhuafa yang tersebar di wilayah Jabodetabek pada Desember 2016. Ikhtiar memuliakan penerima zakat ini terus meluas, menghampiri warga pra-sejahtera dan masyarakat yang terpapar konflik serta menyapa para pengungsi Suriah di perbatasan Turki, Rohingya di Bangladesh, dan warga Gaza di Palestina.

Program HC ini berbentuk bantuan bahan pangan bulanan, yang dapat diambil dengan menunjukkan kartu di toko-toko yang menjadi mitra program tersebut seperti di gerai-gerai Sodaqo Mini Mart. Bahan-bahan pangan yang masuk dalam program ini adalah barang kebutuhan pokok bulanan yang memang menjadi kebutuhan setiap keluarga yang sangat membutuhkan.

Bagi para pengungsi seperti di Rohingya dan Palestina, Humanity Card menjadi bentuk bantuan yang cukup unik. Jika biasanya mereka mengantre untuk mendapatkan paket bantuan langsung, saat itu mereka bisa berbelanja sesuai kebutuhan mereka dengan kartu serupa electronic money. Kartu yang telah terisi nominal uang tersebut memudahkan para pengungsi untuk berbelanja kebutuhan pokok selama sebulan.

Dalam kesehariannya, mereka jarang berbelanja dengan leluasa di minimarket.

                                                humanitycard

Selalu ada kalkulasi tentang barang mana yang benar-benar harus dibeli. Beruntung jika opsi berbelanja ini masih ada. Sering kali, opsi itu hilang karena nihilnya uang yang mereka miliki.

Namun dengan adanya program HC, berbagai jenis sembako diborong oleh para penerima zakat yang sudah mengantre berbelanja. Mereka membawa pulang berkilo-kilo bahan makanan seperti beras, minyak goreng, bawang, kentang, kacang-kacangan, gula, susu, garam, dan semai.

Global Zakat bersama ACT akan terus berikhtiar membenahi layanan bantuan kemanusiaan untuk para mustahiq zakat. Donatur ACT atau para Muzakki (orang yang mengeluarkan zakat) bisa menyalurkan kewajibannya, dengan cara autodebet/standing instruction (pendebetan otomatis dari rekening donatur setiap bulannya ke rekening ACT), atau zakat penghasilan bulanan tersebut ditransfer langsung ke rekening Global Zakat-ACT.

Mari tunaikan kewajiban zakat Anda bersama Global Zakat. Semoga kita bisa meringankan beban dan derita saudara-saudara kita yang sedang dirudung nestapa di segala pejuru dunia.