Mulai Berzakat

Warga Prasejahtera Karawang Ikuti Pelayanan Kesehatan Berkala

1
  •   Date :  April 16, 2019
  •   Eko Ramdani
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  75

ACTNews, KARAWANG – Pelayanan Kesehatan Berkala (PAHALA) dari Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk warga Jabodetabek dan sekitarnya terus bergulir. Kali ini, warga di dua desa, yakni Mulyasejati di Kecamatan Ciampel dan Desa Jatisari yang ada di Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis ini.

Pelayanan kesehatan tersebut berlangsung selama dua hari, Sabtu (13/4) dan Ahad (14/4), dan digelar oleh 7 anggota tim medis ACT dan puluhan anggota Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). Kegiatan ini menyasar masyarakat di dua desa itu yang masih berada dalam keadaan prasejahtera.

Koordinator Pelayanan Kesehatan Berkala ACT dr. Muhammad Riedha Bambang menjelaskan,  dua desa yang menjadi lokasi pelayanan medis masih memiliki masyarakat dengan tingkat pendidikan serta ekonomi yang rendah. Mayoritas mayarakat berprofesi sebagai butuh tani, pekerja lepas harian, peternak kecil. “Selain pendidikan dan ekonomi, akses untuk fasilitas kesehatan juga cukup jauh, terlebih di Desa Mulyasejati,” ungkap dr. Riedha, Selasa (16/4).

Puluhan warga antusias mengikuti pelayanan kesehatan ini. Satu per satu mereka diperiksa kondisi kesehatannya. Hasilnya, di Desa Ciampel banyak ditemukan warga dengan penyakit kulit. Air Sungai Citarum menjadi diduga besar menjadi penyebabnya. Pasalnya, Citarum yang tercemar merupakan sumber air warga selama ini.

Dr. Riedha menambahkan, selain keluhan penyakit kulit, banyak juga warga yang mengalami tekanan darah tinggi, suspek tuberkulosis serta osteoartritis pada orang lanjut usia. “Kami juga menemukan kasus gizi buruk,” tambahnya.

Tak hanya memberikan pelayanan kesehatan, Global Zakat-ACT juga mengadakan penyuluhan menyikat gigi yang baik kepada warga, khususnya anak-anak. Guna memudahkan agar anak-anak mengerti pentingnya sikat gigi, acara dikemas dengan permainan. Mereka juga mendapatkan susu serta makanan ringan sebagai hadiah.

Selain di Karawang, Pelayanan Kesehatan Berkala dari Global Zakat-ACT juga akan datang ke wilayah lain. Direncanakan hingga akhir April 2018, wilayah Depok serta Tangerang akan menjadi tujuan selanjutnya. []