Mulai Berzakat

Pendampingan Gizi Anak Lombok Berlanjut

1
  •   Date :  February 08, 2019
  •   Eko Ramdani
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  18

ACTNews, LOMBOK TIMUR - Kecamatan Sembalun masih menyimpan anak-anak dalam keadaan kurang gizi. Dari data yang dirilis Pemerintah Kabupaten Lombok Timur pada 2017 silam, terdapat 72 kasus balita gizi buruk. Angka tersebut diklaim turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 112 kasus. Jumlah ini melonjak dari tahun 2015 yang terdeteksi 98 kasus. Walaupun jika dirata-rata sejak 2013 kasus menurun, namun jumlahnya saat ini masih terbilang banyak .

Melalui program Bengkel Gizi Terpadu (BeGiTu), ACT kembali melakukan pendampingan gizi ke anak-anak di wilayah Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Kamis (7/2), BeGiTu kembali digelar dengan menghadirkan 51 peserta dari 116 peserta yang terdaftar. Digelar di Aula Kantor Kecamatan Sembalun, satu per satu anak ditimbang berat dan tinggi badannya. Pelayanan kesehatan serta edukasi gizi juga diberikan kepada orang tua yang mendampingi anaknya.

Koordinator Program BeGiTu dr. Muhammad Riedha mengatakan, dari total 116 peserta yang didampingin gizinya, 20 di antaranya kini masuk dalam kategori hijau. “Kategori ini mengindikasi kondisi gizi mereka dalam keadaan baik,” katanya.

Kegiatan intervensi gizi ini tidak hanya melakukan pemeriksaan anak, tapi juga pemberian paket gizi berupa susu, biskuit dan makanan lainnya. Intervensi lanjutan juga akan dilakukan pada pekan ini khusus di Desa Bilok Petung, Sembalun. “Program BeGiTu ini melibatkan tim Puskesmas Sembalun, serta relawan Masyarakat Relawan Indonesia NTB,” tambah dr. Riedha.

Program BeGiTu sejak Oktober 2018 lalu telah memulai pendampingan gizi bagi warga Sembalun. Program pemulihan gizi ini menyasar anak-anak penderita gizi buruk dan gizi kurang yang berasal dari keluarga prasejahtera. Layanan BeGiTu merupakan implementasi dari dana zakat yang disalurkan melalui Global Zakat - ACT. Dijadwalkan setiap dua pekan sekali akan diadakan pendampingan untuk anak-anak berusia balita. []