Mulai Berzakat

Pelayanan Kesehatan Berkala Sambangi Warga Prasejahtera Jatinegara

1
  •   Date :  February 11, 2019
  •   Eko Ramdani
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  169

ACTNews, JAKARTA - Pelayanan Kesehatan Berkala (PAHALA) dari Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali digelar untuk warga prasejahtera di Jakarta. Sabtu (9/2), kegiatan yang diselenggarakan di Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur ini dihadiri 99 warga setempat dengan berbagai macam keluhan kesehatan.

Iqbal Maulana Utomo selaku relawan medis ACT mengatakan, warga banyak mengeluh sakit flu dan kulit, pengaruh dari kondisi cuaca di Jakarta akhir-akhir ini. “Mereka banyak yang batuk-pilek, hipertensi atau darah tinggi, peradangan kulit, serta kolik abdomen,” jelas Iqbal.

 

Selain pelayanan kesehatan, tim juga memberikan penyuluhan penyakit yang saat ini sedang banyak terjadi kasusnya di Indonesia, demam berdarah dengue (DBD). Sakit yang ditularkan nyamuk Aedes Aegypti tersebut juga menjadi ancaman besar bagi warga Cipinang Besar Utara.

Iqbal mengatakan, lingkungan Cipinang Besar Utara tergolong bersih, namun sangat padat penduduk. Kepadatan ini yang berpeluang besar menularkan DBD. “Walau padat penduduk, sampai saat ini belum ada laporan warga yang terinfeksi DBD,” ungkap Iqbal, Senin (11/2).

Tak hanya di Cipinang saja program PAHALA ini dilakukan. Sebelumnya, warga di Kelurahan Karet Tengsin, Tanah Abang juga mendapatkan pelayanan yang sama.  Dr. Muhammad Riedha Bambang selaku Koordinator PAHALA menyampaikan, program tersebut rutin diadakan tiga kali setiap bulannya. "Didukung dari dana zakat masyarakat Indonesia, program ini bertujuan untuk meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat fakir, miskin, dan alimin, yang mungkin selama ini sulit berobat ke klinik karena keterbatasan biaya. Semoga ke depannya makin banyak warga prasejahtera yang terfasilitasi," kata dr. Riedha. []