Mulai Berzakat

Pelayanan Kesehatan ACT Sambangi Warga Tanah Abang

m
  •   Date :  February 04, 2019
  •   Eko Ramdani
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  105

ACTNews, JAKARTA - Aksi Cepat Tanggap (ACT) melakukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang berada di lingkungan Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang di Jakarta Pusat. Dilaksanakan pada Senin (4/2), kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan masyarakat di tengah cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini.

Sebanyak 75 peserta hadir dari berbagai usia. Mereka yang terdiri dari bayi hingga lanjut usia datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan umum, ibu hamil juga menyusui. 

Supervisor Program Medis Aksi Cepat Tanggap (ACT) dr. Muhammad Riedha mengatakan, aksi ini diberikan dengan menyasar masyarakat yang berada dalam kondisi prasejahtera. Terlebih di wilayah tersebut merupakan tempat padat penduduk layaknya lokasi lain di Jakarta dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. Layanan kesehatan ini merupakan bentuk implementasi dari dana zakat yang disalurkan melalui Global Zakat - ACT.

Dibantu 11 relawan, ACT melakukan pemeriksaan kesehatan. "Warga umumnya menderita penyakit infeksi saluran pernapasan (ispa), diare, arthritis atau peradangan pada sendi, serta alergi kulit," ungkap dr. Riedha, Senin (4/2).

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, ACT juga melakukan edukasi guna pencegahan penyakit demam berdarah. Dalam beberapa pekan ini, wabah demam berdarah meluas di Indonesia. Cuaca yang kini memasuki puncak musim hujan, serta lingkungan yang kurang bersih berpotensi menimbulkan penyakit yang dapat menyebabkan kematian ini. []