Mulai Berzakat

Paket Pangan dan Pendidikan untuk Masyarakat Membalong

Paket Pangan dan Pendidikan untuk Masyarakat Membalong
  •   Date :  August 05, 2018
  •   Eka Hardianti
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  125

ACTNews, BELITUNG - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Selatan terus mendistribusikan paket pangan dan bantuan pendidikan ke tepian negeri. Ahad (5/8) sebanyak 300 paket pangan dibagikan kepada ratusan kepala keluarga di Desa Gunung Rinting, Kecamatan Membalong, Belitung.

"Paket sembako kita buat dalam kotak, isinya ada beras, minyak sayur, sarden, kecap, dan gula. Alhamdulillah, untuk pengemasan kita dibantu banyak tim relawan di sini," terang Ardiansyah dari Tim Program ACT Sumsel.

Program sedekah pangan ini merupakan implementasi dari dana zakat yang dihimpun dari masyarakat melalui Global Zakat ACT.

 

ACT berkolaborasi dengan PPI Turki dalam pembagian paket pangan di Membalong. Rangkaian kegiatan bakti sosial tersebut merupakan salah satu program Mentari dari Turki, yang digagas oleh PPI Turki.

Paket pangan ini didapat langsung dari pedagang lokal di Belitung, sebagai bentuk memberdayakan ekonomi masyarakat setempat.

Anto, salah satu pedagang lokal, mengaku senang dapat membantu penyediaan paket pangan dalam waktu terbatas untuk masyarakat yang membutuhkan. Bahkan, ia memberikan harga terbaik sebagai bentuk kontribusinya untuk kemanusiaan.

Selain paket pangan, ACT juga memberikan satu paket laptop untuk SDN 16 Membalong, sebagai bagian dari program pendidikan Tepian Negeri.

 

Kepala SDN 16 Membalong, yang diwakili oleh Mukhsin selaku wali kelas 6 SD, mengaku sangat bersyukur atas pemberian laptop dari ACT. "Laptop ini dapat memudahkan kegiatan belajar mengajar dan pengelolaan administrasi sekolah," ungkap Mukhsin.

"Insya Allah, ACT akan terus menyampaikan amanah zakat masyarakat baik dalam bentuk pangan maupun pendidikan untuk daerah-daerah perbatasan negeri yang membutuhkan,” tutup Ardiansyah. []