Mulai Berzakat

Mengawal Kesehatan Masyarakat lewat PAHALA

m
  •   Date :  February 06, 2019
  •   Eko Ramdani
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  18

ACTNews, JAKARTA - Seiring bertumbuh dan luas sebaran masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui Global Zakat melakukan Program Pelayanan Kesehatan Berkala atau disingkat PAHALA. Program rutin ini dilakukan untuk menjangkau masyarakat di wilayah Jabodetabek yang banyak ditemukan permukiman padat.

Senin (4/2), PAHALA telah dilakukan untuk pertama kalinya di Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang tepatnya di Masjid Al-Ikhlas yang ada di RW 7. Di pemukiman padat itu, relawan yang melakukan aksi pelayanan kesehatan mendapatkan 75 peserta. Mereka yang terdiri dari berbagai usia diberikan pelayanan kesehatan secara gratis.

Koordinator PAHALA dr. Muhammad Riedha mengatakan, program ini dijadwalkan tiga kali dalam sebulan. Sampai saat ini sudah ada 30 lokasi yang akan diberikan layanan kesehatan. “Perencanaan program sejak Desember lalu,” jelasnya, Rabu (6/2).

Aksi PAHALA selanjutnya akan dilakukan pada Kamis (7/1), yang juga bertempat di Kelurahan Karet Tengsin. "Bedanya, untuk aksi besok akan dilakukan di Masjid Baitul Muslimin yang ada di RW 5," imbuh dr. Riedha.

Untuk sementara, sudah ada 14 kabupaten/kota yang masuk dalam daftar aksi PAHALA. Dari 14 wilayah itu terdapat 30 titik yang akan dijadikan tempat pelayanan kesehatan yang ditargetkan kepada mustahik. “Penerima manfaatnya para mustahik yang berhak karena pelayanan kesehatan ini ditopang dari zakat masyarakat Indonesia. Untuk Depok dan Tangerang Utara masih dilakukan peninjauan, sedangkan wilayah lain akan segera menyusul,” jelas dr. Riedha.

PAHALA ini tidak hanya sekadar memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat prasejahtera. Tapi juga terdapat pemberian bantuan dari Global Zakat-ACT juga edukasi di bidang kesehatan. Tujuannya meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat.

Tim relawan ACT yang diterjunkan berupa dokter umum, perawat, bidan, apoteker, serta ahli gizi. Bekerja sama dengan puskesmas setempat, kelurahan, dan instansi lokal sekitar PAHALA mengangkat beberapa tema saat melakukan aksi, seperti kesehatan mata, paru, penyakit menular, hingga kesehatan ibu dan anak. []