Mulai Berzakat

Meluaskan Kebaikan Zakat, Humanity Food Truck Sapa Warga Pademangan

Meluaskan Kebaikan Zakat, Humanity Food Truck Sapa Warga Pademangan
  •   Date :  November 27, 2017
  •   Diding Fachrudin
  •   Editor
  •   Viewers :  27

ACTNews, JAKARTA - Selalu ada kebaikan dalam zakat. Zakat yang kita tunaikan tak hanya akan mengalirkan kebaikan dan pahala bagi diri kita, namun juga menebar manfaat bagi mereka yang membutuhkan. Apalagi, jika zakat tak dilakukan hanya sendirian saja, melainkan bersama-sama untuk meluaskan kebaikan zakat.

Seperti yang dilakukan Global Zakat (GZ) bersama Aksi cepat tanggap (ACT) ketika menyapa warga Pademangan Barat Jumat (24/11) kemarin. Sambangi Pademangan Barat, Global Zakat dan ACT memboyong kegiatan layanan makan gratis yang dimasak langsung di atas Humanity Food Truck.

Hari itu, dibantu oleh sejumlah relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jakarta Raya, kelezatan 1000 panganan siap saji bergizi dibagikan langsung kepada masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Sejak pagi pukul 08.00 WIB, Humanity Food Truck ACT telah terparkir di halaman gedung Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Budi Mulya, Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Sementara itu, beberapa juru masak handal dapur sosial ACT tengah beraksi, mengolah serangkaian bahan pokok makanan, bersama ibu-ibu PKK dan Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) wilayah setempat.

Ada yang menanak nasi, menumis sayur, mencacah daging, mengoseng mie, mengulek sambal, dan sebagainya. Semua dilakukan dengan tangkas oleh 40 relawan yang saling bahu-membahu. Sebab, sebelum waktu makan siang tiba, ke-1000 paket makanan tersebut harus sudah siap untuk didistribusikan.

Harum semerbak aroma masakan lantas mengudara mengundang rasa lapar para warga sekitar. Seketika warga menengah ke bawah yang berada di sekitar langsung memenuhi halaman gedung RPTRA Budi Mulya.

Silih berganti warga mendatangi food truck, di tangannya sudah menggenggam kupon makanan gratis. Tak hanya itu, nampak pula mereka yang begitu penasaran, seperti apa sebenarnya aktivitas di balik armada Humanity Food Truck. Dengan antusias, warga ikut melongok-longok ke dalam.

Hingga akhirnya, tepat pada pukul 11.00 WIB, pengemasan telah selesai dilakukan. Warga yang semula bersantai sambil di teras-teras gedung RPTRA langsung membentuk antrean ketika pembagian makanan diumumkan.

“Kami fokuskan penerimanya adalah masyarakat dengan ekonomi lemah seperti petugas kebersihan kelurahan, penarik gerobak sampah, supir bajaj, tukang gali, buruh cuci dan lain-lain" ujar Robi Andriana, salah seorang relawan MRI Jakarta Raya yang turut membantu.

Robi juga mengungkapkan, sebelumnya tim MRI Jakarta Raya telah berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Pademangan Barat dan Kecamatan Pademangan terkait data warga. Robi memastikan data warga yang menggenggam kupon itu, benar-benar mereka yang diutamakan menerima manfaat layanan makanan gratis dari Humanity Food Truck.

Warti (52), seorang ibu paruh baya warga RT 11 RW 11 mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan makan gratis ini. "Kalau bisa sering-sering diadain dimari Pak supaya bisa dapat makan gratis. Maklum Pak, penghasilan buruh cuci kadang untuk makan sehari-hari saja susah," ujar Warti tersipu malu, seraya menunjukkan dua lembar kupon di tangannya dengan riang.

Ahmad Rifai, selaku penanggung jawab program Humanity Food Truck menjelaskan, bukan sekadar berbagi-bagi makan, namun juga ada sebuah upaya untuk mengangkat nilai-nilai kehidupan yang lainnya. Misalnya saja, nilai-nilai keguyuban dan silaturahmi warga. Hal ini dapat terlihat dari keterlibatan elemen-elemen masyarakat di setiap pelaksanaan kegiatan layanan makanan gratis.

Selain itu, ia menambahkan, makanan yang dihasilkan Humanity Food Truck pun haruslah terjaga kualitasnya.

Rifai menjelaskan, manfaat apa yang diberikan oleh Humanity Food truck meluas sekali. Tak cuma bermanfaat untuk mengenyangkan, tapi juga menyehatkan. “Tak hanya halal, namun juga thoyyib. Karena jika kita bersedekah, maka kita harus memberikan yang terbaik, bukan?” paparnya.

Hingga sore menjelang, Alhamdulillah pekan ke-3 November, aksi Humanity Food Truck berjalan lancar. “Kami dibantu rekan-rekan relawan MRI Jakarta Raya, LMK, ibu-ibu PKK, juga karang taruna. Alhamdulilah keguyuban dan silaturahim terjalin karena kegiatan ini,” pungkas Rifai.

Program layanan makan gratis Humanity Food Truck merupakan implementasi sedekah yang dihimpun oleh ACT, khususnya Global Zakat (GZ). Setiap pekan, di hari Jumat dan Sabtu food truck ini akan menyapa masyarakat pra-sejahtera di ibu kota dengan 1000 porsi makanan sehat bergizi. []