Mulai Berzakat

Masakan Humanity Food Truck Teruji Laboratorium

Masakan Humanity Food Truck Teruji Laboratorium
  •   Date :  March 01, 2019
  •   Eko Ramdani
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  26

ACTNews, JAKARTA UTARA – Layanan makan gratis dari Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggunakan Humanity Food Truck terus berlanjut. Kamis (28/2), truk berukuran besar itu parkir di depan pintu masuk Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Budi Mulia di Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara. Memulai masak sejak pukul 8 pagi, Humanity Food Truck menyediakan seribu porsi makanan siap santap untuk warga sekitar pada sore harinya.

Koordinator Humanity Food Truck Diding Fachrudin menjelaskan, makanan siap santap yang diberikan kepada warga di sekitaran RPTRA Budi Mulia ini sudah melalui uji laboratorium. Pengujian dilakukan oleh pihak puskesmas setempat. “Sebelum pengemasan tadi, pihak lab membawa sampel untuk diuji,” jelasnya, Kamis (28/2).

Diding menambahkan, pengujian yang dilakukan mencakup tingkat kandungan gizi serta kebersihan selama proses masak hingga pengemasan. Walau masak dan pengemasan di tempat umum serta di dalam truk, Diding menjamin kebersihan makanan.  Selain menguji tingkat kandungan gizi, Pihak laboratorium Pademangan Barat juga menguji kelezatan rasa masakan.

Saat pembagian seribu paket makanan siap santap itu, Elis selaku Sekretaris Lurah Pademangan Barat turut hadir. Ia menyampaikan, hasil pengujian makanan Humanity Food Truck ini memenuhi standar gizi serta kelezatan. “Menunya yang beragam dari sayur hingga daging ada, syarat karbohidrat serta protein, lezat dan memenuhi standar gizi,” ungkap Elis.

Dalam kesempatan itu, Elis juga mengharapkan untuk kembali diadakannya layanan makan gratis yang merupakan bentuk penyaluran zakat masyarakat Indonesia ini. Hal itu mengingat, di wilayah Pademangan Barat masyarakatnya masih dalam keadaan ekonomi prasejahtera. Selain itu, wilayah yang berdekatan dengan Ancol ini juga memiliki banyak pemukiman padat.

Distribusi makanan siap santap di RPTRA Budi Mulia itu diberikan kepada masyarakat sekitar serta pekerja yang sedang beraktivitas di sekitar ruang terbuka. Tardi salah satunya. Petugas Prasarana dan Sarana Umum DKI Jakarta ini mengatakan, sangat terbantu dengan adanya layanan makanan gratis dari Global Zakat ini. “Lumayan bisa menghemat pengeluaran untuk makan,” kata Sardi sambil memegang kemasan makanan dari Humanity Food Truck dan air mineral yang dibagikan.

Aksi berkelanjutan

Operasional Humanity Food Truck sudah berjalan sejak beberapa tahun silam. Wilayah dengan mayoritas masyarakat prasejahtera menjadi target utama. Selain itu, ketika bencana gempa bumi di Lombok Agustus silam dan gempa serta tsunami di Sulawesi Tengah akhir September 2018, dapur berjalan ini juga beroperasi di sana.

Sedangkan pembagian makanan siap santap dari Humanity Food Truck di RPTRA Budi Mulia ini merupakan program reguler. Aksi yang berjalan sejak pertengahan Februari 2019 ini direncanakan akan beroperasi hingga akhir Maret mendatang. “Dalam sepekan, Humanity Food Truck akan menyambangi dua tempat di wilayah Jabodetabek,” jelas Diding.

Setelah program reguler ini, Diding menambahkan, pada bulan Ramadan 2019 mendatang Humanity Food Truck akan melayani setiap hari. Makanan siap santap akan dibagikan untuk berbuka puasa. []