Mulai Berzakat

Iringi Semangat Ratusan Ribu Pejuang Great Return March

Iringi Semangat Ratusan Ribu Pejuang Great Return March
  •   Date :  April 02, 2019
  •   Nimas Afridha Aprilianti
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  116

ACTNews, GAZA – Gemuruh suara yang meneriakkan semangat kemerdekaan terus terdengar di sepanjang perbatasan Gaza-Israel, Sabtu (30/3). Sejak pagi, sekiranya ada ratusan ribu warga Palestina turun ke lokasi untuk memperingati aksi unjuk rasa Great Return March yang telah berlangsung selama satu tahun.

Relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Gaza Dr. Ahmad Al-Najjar melaporkan, para pejuang tidak hanya terdiri dari orang dewasa, tetapi juga anak-anak, yang meneriakkan lantang keadilan bagi bangsa Palestina. Perjuangan takkan pernah surut, kembalinya hak atas Tanah Air Palestina adalah tujuan besar mereka.

“Kami datang untuk memperingati setahun Great Return March, di mana setiap Jumat kami melakukan aksi unjuk rasa untuk menuntut bebas dan merdeka. Kami ingin Tanah Air, tempat kami lahir, dikembalikan,” kata Dr. Ahmad.

Mengiringi semangat para pejuang Great Return March, dukungan dari Indonesia pun hadir di tengah aksi mereka. Di antara begitu banyak bendera Palestina, terdapat juga bendera Indonesia dan bendera ACT yang dikibarkan relawan lokal di Gaza.

Kala itu, sejumlah Relawan ACT tengah merampungkan amanah besar dari masyarakat Indonesia. Untuk para pejuang Great Return March, ada ribuan makanan siap santap dari Dapur Umum Indonesia di Gaza dan air bersih dari Mobile Water Tank ACT.

Andi Noor Faradiba dari Global Humanity Response ACT memaparkan, distribusi ribuan makanan siap santap dari Dapur Umum Indonesia sendiri menyasar ke salah satu lokasi aksi, yakni di Kamp Malaka yang terletak di perbatasan Gaza Timur dan Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza.

“Di Kamp Malaka tentu kami distribusikan untuk mereka yang turun aksi peringatan satu tahun Great Return March. Kalau di Rumah Sakit Al-Shifa, kami berikan kepada para pasien, juga paramedis yang sedang berjaga hari itu,” jelas Faradiba.

Sementara Faradiba juga mengungkapkan, ACT telah menyediakan dua unit truk Mobile Water Tank di Gaza. Khusus pada aksi peringatan satu tahun Great Return March, Sabtu (30/3), kedua unit truknya pun beroperasi. Pengoperasian Mobile Water Tank di Gaza ditopang sepenuhnya dari dana zakat masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui Global Zakat-ACT.

“Satu di Perbatasan Malaka, satunya lagi di Perbatasan Abu Safia. Keduanya terletak di sebelah Timur Gaza. Truk yang mampu menampung ribuan liter air bersih itu berperan untuk menopang kebutuhan minum peserta aksi,” kata Faradiba.

Tak hanya sampai di sana, kata Faradiba, dukungan dari Indonesia melalui ACT akan berlangsung selama 10 hari. Makanan siap santap dari Dapur Umum Indonesia di Gaza dan air bersih dari Mobile Water Tank akan terus mengiringi semangat perjuangan bangsa Palestina.

“Insya Allah, Dapur Umum Indonesia sendiri akan menyediakan 10.000 makanan siap santap dalam waktu 10 hari, mulai dari Jumat (29/3) hingga Senin (8/4).

Terima kasih Indonesia, Terima kasih ACT

Satu tahun rutin menggelar aksi Great Return March, dukungan dari Indonesia pun melekat bagi bangsa Palestina, sebagaimana disampaikan oleh Ahmad Al-Najjar selaku relawan ACT di Gaza. Kata Ahmad, telah banyak bantuan yang diberikan oleh masyarakat Indonesia.

“Indonesia dan ACT sudah banyak bantu kehidupan seluruh warga Palestina dengan berbagai macam programnya. Khususnya saat kami, menggelar aksi Great Return March. Indonesia dan ACT support makanan kami, layanan kesehatan, sampai air bersih,” ungkap Dr. Ahmad.

Tak lupa, Dr. Ahmad mewakili bangsa Palestina menuturkan syukur dan ucapan terima kasih atas dukungan Indonesia yang terus mengalir untuk mereka.

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Indonesia, kepada ACT, telah mendukung kami yang tengah berjuang untuk merdeka dan meminta kembali hak atas tanah kelahiran kami. Terima kasih Indonesia, terimakasih ACT!” pungkas Dr. Ahmad. []