Mulai Berzakat

Humanity Food Truck Sambangi Warga Eks-Lokalisasi Klemir

Humanity Food Truck Sambangi Warga Eks-Lokalisasi Klemir
  •   Date :  March 01, 2018
  •   Dian Laksana
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  251

ACTNews, SURABAYA - Untuk kesekian kalinya, Humanity Food Truck (HFT) Aksi Cepat Tanggap (ACT) hadir di Surabaya. Ketangguhan truk sekaligus dapur berjalan ini terekam dalam aksinya selama tiga hari di Kota Pahlawan tersebut. 

Rabu (21/2), Humanity Food Truck memulai aksinya di Gapura Surya Nusantara Tanjung Perak, pada seremoni pelepasan Kapal Kemanusiaan untuk Palestina. Tidak sampai di sini, layanan makan gratis ala Humanity Food Truck juga menyapa warga di kawasan eks-lokalisasi Kremil, Surabaya. Ribuan porsi makanan siap santap diberikan selama dua hari, yakni Kamis (22/2) dan Jumat (23/2).  

Memarkirkan diri di Jalan Tambak Asri No 33 Surabaya, Humanity Food Truck ACT disambut suka ria oleh warga. Chef Joni, Komandan Humanity Food Truck ACT langsung mengerahkan timnya untuk bergerak menyiapkan bahan pangan dan mengolahnya. Warga pun tak berpangku tangan. Ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi PKK turut membantu tim Humanity Food Truck memasak.

Suasana di balai RW 06 Tambak Asri seketika menjadi ramai. Tim dan warga Tambak Sari atau Kremil memasak bersama untuk menyajikan 1000 porsi makanan per harinya. 

Dipo Hadi selaku Penanggung Jawab Program ACT Jawa Timur mengatakan, Desa Tambak Sari dipilih menjadi jujugan Humanity Food Truck karena sebelumnya wilayah tersebut memiliki citra negatif. Tambak Sari pernah dikenal sebagai area lokalisasi Kremil. Namun, kini daerah ini telah bertransformasi menjadi pemukiman warga pada umumnya.

“Semua itu masa lalu. Alhamdulillah, kini Tambak Sari sudah berubah menjadi lebih baik. Harapannya, kehadiran Humanity Food Truck ACT di lokasi ini dapat memberikan sentuhan kebaikan untuk warganya,” ujar Dipo.

Sementara itu, Desi, Ketua PKK RW 6 Tambak Asri, juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian ACT dalam menghadirkan Humanity Food Truck. Menurutnya, kegiatan seperti ini mampu memotivasi warga eks-lokalisasi untuk berbenah dan bangkit dari keterpurukan.

“Semoga ini memicu warga di sini untuk meluaskan kebaikan, baik untuk diri mereka sendiri maupun orang lain,” ungkap Desi.

 

Tepat seusai salat Zuhur, warga setempat berbondong-bondong menuju balai RW 6 Tambak Asri. Makanan telah dikemas dalam boks dan siap dibagikan. Seribu porsi makanan siap santap langsung menemui pemiliknya.

Kehadiran Humanity Food Truck menjadi momen kebahagiaan tersendiri bagi mereka. Salah satunya adalah Hasan. Kakek berusia 67 tahun ini mengaku sangat senang mendapat paket makanan dari Humanity Food Truck ACT.

“Alhamdulillah, saget damel sarapan. Maturnuwun ACT (Alhamdulillah, bisa buat sarapan. Terima kasih ACT),” tutur Hasan sembari tersenyum.

Humanity Food Truck merupakan bagian dari implementasi dana zakat Global Zakat - Aksi Cepat Tanggap. Program tersebut berupaya memberikan panganan nikmat dan bergizi bagi masyarakat kurang mampu dan korban bencana alam. []