Mulai Berzakat

Humanity Food Truck 2.0 Jangkau Korban Banjir Bantul

1
  •   Date :  March 20, 2019
  •   Eko Ramdani
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  59

ACTNews, BANTUL – Setelah melalui serangkaian uji kelayakan, Humanity Food Truck 2.0 dari Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap melakukan aksi perdananya, Rabu (20/3). Bertempat di Desa Karangtalun, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, truk bermerek Hino tipe 500 itu memasak seribu porsi makanan siap santap. Makanan siap santap ini nantinya dibagikan kepada masyarakat terdampak banjir di wilayah Imogiri.

Koordinator Koki Humanity Food Truck 2.0 Joni Kusumahadi mengatakan, awalnya, aksi memasak dan pembagian seribu porsi makanan siap santap baru akan dilakukan pada Jumat (22/3) mendatang di Kota Yogyakarta, di sela peluncuran Humanity Food Truck 2.0. Akan tetapi, banjir besar menerjang Bantul pada Ahad (17/3). Humanity Food Truck 2.0 pun menyegerakan pendistribusian makanan siap santap bagi korban terdampak banjir.

“Kami merespons cepat kebutuhan pangan untuk korban terdampak banjir di Bantul, kebetulan truk baru keluar perakitan di karoseri yang berada di wilayah Magelang-Yogyakarta, tak jauh dari lokasi banjir,” jelas Joni, Rabu (20/3).

Belasan orang dari tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Yogyakarta membantu proses masak. Mereka bertugas untuk menyiapkan bahan masakan. Sedangkan tujuh orang koki bertugas memasak yang seluruhnya dilakukan di dalam truk.

Menu makanan untuk warga terdampak banjir ini berupa nasi putih dengan lauk olahan ayam dan pelengkap sosis, mi goreng dan sambal. Setelah matang, paket makanan siap santap akan diberikan ke beberapa desa di Imogiri yang terkena imbas banjir besar beberapa hari lalu.

Setelah peresmian Humanity Food Truck 2.0 pada Jumat mendatang di Kantor Walikota Yogyakarta, direncanakan akan ada aksi reguler dari truk berdapur itu. Satu hari setelah peresmian, aksi reguler bakal digelar di Yogyakarta. Sedangkan ibu kota Jawa Tengah, Semarang, mendapatkan jadwal aksi reguler Humanity Food Truck 2.0 pada Senin (25/3) dan Selasa (26/3) mendatang. []