Mulai Berzakat

Gizi Seimbang dari Menu Makanan Humanity Food Truck

1
  •   Date :  March 15, 2019
  •   Eko Ramdani
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  47

ACTNews, KABUPATEN TANGERANG – Sejak pagi, relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Tangerang beserta warga sekitar Masjid Jami’ Al-Ijma sudah sibuk dengan berbagai macam bahan masakan. Di pelataran masjid yang berdiri di Kelurahan Babakan, Kecamatan Legok itu terparkir Humanity Food Truck dari Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap (ACT). Relawan beserta warga sudah siap memasak seribu porsi untuk dibagikan sore harinya.

Kamis (14/3) itu, Humanity Food Truck menyajikan menu nasi putih beserta berbagai lauknya. Yudi, salah satu koki yang memasak di truk dengan dapur di belakangnya itu mengatakan, lauk hari itu ialah semur daging, acar dengan berbagai sayuran, mi goreng, serta sosis. “Tak lupa sambal, orang Indonesia kurang lengkap kalau tanpa sambal,” kata Yudi.

Yudi menambahkan, Humanity Food Truck selalu menyajikan menu makanan dengan gizi seimbang. Makanan pokok menggunakan nasi, sedangkan untuk pemenuhan protein berasal dari daging. Sayuran juga diberikan untuk penambah gizi mengingat sayuran sangat baik untuk tubuh. Sedangkan sosis serta sambal sebagai pelengkap.

Koordinator Humanity Food Truck Diding Fachrudin menjelaskan, pada tiap aksinya, sajian menu selalu berbeda. Akan tetapi menu daging serta sayur pasti selalu disajikan. “Kami selalu memperhatikan kandungan gizi, kebersihan, kemasan, sampai kelezatan,” katanya.

Apandi selaku Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Jami’ Al-Ijma mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada HFT yang telah singgah. Ia mengatakan, pembagian seribu porsi makanan siap santap ini sangat membantu jemaah serta warga sekitar masjid. Apandi juga berharap untuk kegiatan serupa dapat dilakukan kembali di hari mendatang, khususnya saat bulan Ramadan tiba.

Akhir Februari lalu, makanan Humanity Food Truck sempat dibawa sampelnya ke laboratorium oleh Puskesmas setempat. Saat itu, Humanity Food Truck tengah mendistribusikan 1.000 makanan siap santap di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Budi Mulia di Pademangan, Jakarta Utara. Hasilnya, seperti yang disampaikan Sekretaris Lurah Pademangan Barat Elis, makanan yang dimasak Humanity Food Truck memenuhi standar gizi serta kelezatan rasa. []