Mulai Berzakat

Bingkisan Pangan Ramadan Sapa Sulawesi Utara

Bingkisan Pangan Ramadan Sapa Sulawesi Utara
  •   Date :  May 15, 2018
  •   Nimas Afridha Aprilianti
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  24

ACTNews, MANADO - Aksi Cepat Tanggap bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sulawesi Utara dan Yayasan Baitul Maal PT PLN Sulutenggo mendistribusikan bingkisan pangan dalam rangka menyambut Ramadan. Bingkisan yang didistribusikan pada Sabtu (12/5) siang ini terdiri dari 200 paket sembako untuk keluarga yang membutuhkan di Kota Manado dan Kota Bitung.

Setiap paket berisi 10 kilogram beras, dua liter minyak goreng, satu kilogram gula, dan satu karton mie instan. "Jumlah total paket sembako yang didistribusikan sekitar tiga ton," ujar  Hadiya Ferrydian Suyoko, Ketua MRI ACT Sulawesi Utara.

 

Paket sembako tersebut didistribusikan kepada warga yang berhak dan masuk ke dalam golongan asnaf, yaitu fakir, miskin, ibnu sabil, orang yang berhutang, mualaf, fisabilillah, amil, dan untuk memerdekakan budak. “Sebagaimana dalam Surat At-Taubah ayat 60,” tambahnya.

Ferry, panggilan akrabnya, mengatakan bahwa kegiatan penyaluran zakat dari para pegawai PT PLN itu merupakan langkah awal bagi mereka untuk menerbar kebaikan. Ke depan, MRI Sulawasi Utara akan mengoptimalkan bantuan secara rutin. Mereka pun telah merencanakan program unggulan bernama “Bahagia Berbagi Bersama”. 

“Kami ingin merutinkan kegiatan berbagi itu dengan mengajak korporat-korporat lainnya,” kata Ferry.

 

Menurut Ferry, masih banyak masyarakat Sulawesi Utara yang membutuhkan uluran tangan. “Ada satu daerah di Kota Bitung yang bahkan belum pernah mendapatkan bantuan sebelumnya, mereka tidak terjangkau. Hingga akhirnya ACT datang membawa bantuan ke sana,” tambahnya.

Ferry pun turut menceritakan tanggapan para penerima manfaat yang terus-menerus mengucapkan terima kasih kepada ACT. “Ada seorang ibu terus mengucapkan terima kasih pada kami dengan mata yang berkaca-kaca, saya melihatnya jadi ikut terharu,” tutur Ferry.

 

Sebab dari kondisi tersebut, MRI Sulawesi Utara terus berikhtiar melanjutkan kegiatan berbagi kebaikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Berbagai upaya itu pun tentu memerlukan dukungan penuh dari seluruh masyarakat agar berjalan dengan baik sehingga berkahnya bukan hanya bagi penerima manfaat, melainkan juga bagi para donatur. []