Mulai Berzakat

Berbagi Berkah untuk Jemaah Salat Jumat di Medan

Berbagi Berkah untuk Jemaah Salat Jumat di Medan
  •   Date :  February 04, 2019
  •   Fadhli Septavianra
  •   Editor Mhd. Alfahjri Sukri
  •   Viewers :  19

ACTNews, MEDAN - Menggelar layanan makan gratis bagi jemaah salat Jumat adalah cara Tim Aksi Cepat Tanggap Sumatera Utara (ACT Sumut)  menyapa warga Kota Medan. Sekali waktu, tim biasa menyambangi lebih dari satu masjid sekaligus. Seperti Jumat (1/2) lalu, tim giliran melakukan aksi di Masjid At-Thoyyibah di Jalan Multatuli, Masjid Al-Ikhwan di Jalan Sunggal, dan Masjid Al-Ikhlas di Jalan Eka Suka 13 Johor.

Satu yang menarik, pendistribusian makanan siap santap kepada para jemaah salat Jumat, tim turut membawa Humanity Food Van ACT yang menjadi ciri khas program tersebut. Humanity Food Van ACT adalah truk khusus yang bertugas mengangkut paket makanan ke lokasi-lokasi distribusi. Tak hanya ke masjid-masjid, Humanity Food Van ACT juga pernah menyambangi lokasi bencana dan daerah masyarakat prasejahtera. Pengoperasian kendaraan Humanity Food Van merupakan hasil implementasi dana zakat yang disalurkan melalui Global Zakat-ACT.

Yessi Oktaviana dari Tim Program ACT Sumut mengatakan, pembagian makanan siap santap berlangsung tertib, sebab banyak jamaah yang nampak antusias. “Ada sebanyak 400 paket makanan, ada kotak yang berisi nasi dan lauk-pauk, ada juga yang berisi kue basah maupun kering,” jelas Yessi.

Paket yang dibagikan pun merupakan bantuan dari donatur lokal, mereka yang peduli terhadap kondisi masyarakat Kota Medan. Sementara prosesi pendistribusian melibatkan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumut.

“Jadi, kami membuka sebesar-besarnya pintu bagi siapa pun yang ingin berpartisipasi dalam berbagi. Apalagi jumat identik dengan hari yang penuh berkah, kami sangat senang apabila banyak yang ingin menebar kebaikan,” tutur Yessi. []