Mulai Berzakat

Bantuan Pendidikan untuk Santri Dayah Mini Darussalam

act aceh
  •   Date :  April 01, 2018
  •   Laila Khalidah
  •   Editor
  •   Viewers :  142

ACTNews, BANDA ACEH – Aksi Cepat Tanggap/ACT Aceh menyalurkan bantuan, berupa perlengkapan tidur santri, sembako, paket perlengkapan belajar, serta santunan tunai untuk Dayah (Pesantren) Mini Darussalam di Jalan Tgk. Dusun Musafir Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, akhir Maret 2018 ini.

Bantuan ini merupakan salah satu program lokal yang ada di ACT Aceh, yaitu program bantuan pendidikan, yang ditujukan untuk membantu lembaga pendididikan, sekolah  termasuk dayah dan balai Pengajian yang ada di Aceh.

Proses penyerahan bantuan secara simbolis langsung disampaikan  Husaini Ismail, selaku Kepala Cabang ACT Aceh yang diterima oleh Ustaz Umar Rafsanjani, selaku Pimpinan Dayah Mini Darussalam.

Dayah mini Darussalam sendiri merupakan, kelanjutan Ma’had Menzil Turki yang berdiri sejak tahun 2007 dan merupakan Ma’had bantuan salah satu NGO Turki pasca-musibah tsunami Aceh tahun 2004. Kini pengelolaannya dikelola secara swadaya oleh Ustaz Umar dan koleganya

Ustaz Umar mengungkapkan rasa bangganya dengan Tim ACT, yang selalu komit dan amanah dalam menyampaikan bantuannya kepada siapapun.

Just salute banget, kepada kawan-kawan ACT yang selalu komit dan amanah dalam menyampaikan bantuan kepada santri-santri kami di Dayah Mini Aceh. Saya pribadi sangat terharu dan sangat berterima kasih atas semua jasa baik ACT yang sempat juga melirik akan kebutuhan kami yang tentunya akan sangat bermamfaat bagi santri-santri yang selama ini memang serba kekurangan dalam segala sisi. Jazakumullahu khairal jaza’,” tutur Ustaz Umar, yang selama ini juga aktif menjadi mitra lokal ACT, yang menggerakkan program-program ACT.

Pada pemberian bantuan kali ini, Husaini Ismail, langsung turun ke lapangan. Ustaz Umar merasa terharu dengan keterlibatan langsung Kepala Cabang ACT Aceh ini hingga ke lapangan. Berulang kali Pimpinan Dayah Mini Darussalam ini, menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim ACT Aceh.

Selama ini, ACT aktif membantu pendidikan anak negeri. ACT sendiri mempunyai Program 100 Pulau Tepian Negeri, program ini khusus membantu anak-anak yang berada di daerah terpencil.

“Semoga bantuan dari ACT ini menambah semangat santri dan anak yatim yang datang dari seluruh Aceh untuk belajar di dayah ini. Selama ini, ACT sangat concern terhadap pendidikan untuk anak-anak di pondok pesantren. Seperti program pendidikan tepian negeri untuk membantu anak-anak yang berada di daerah-daerah terpencil. Semoga apa yang kami berikan bisa membantu santri-santri yang ada di sini dan semangat belajarnya bertambah,” pungkas Husaini.[]