Mulai Berzakat

Antusiasme Keluarga Hamsah Semarakkan Ramadan Bersama Humanity Food Truck

1
  •   Date :  May 14, 2019
  •   Dyah Sulistiowati
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  56

ACTNews, TANGERANG - Setelah membagikan 1.000 paket iftar pada Jumat (10/5), tim Humanity Food Truck, menuju sebuah rumah di samping Masjid Al Ijma yang terletak di Jalan Parung Panjang, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. Beberapa paket iftar turut dibawa sebagai buah tangan.

“Paket iftar ini buat keluarga ibu Hamsah, sama anaknya dan kerabatnya. Soalnya mereka yang sudah bantu kita mempersiapkan paket iftar ini dari kemarin. Kita mau kasih paket iftar ke rumahnya langsung, sekalian bilang terima kasih juga,” ujar Dimas, relawan Humanity Food Truck.

Sampai di sana, tiga orang ibu tersebut sedang mengaduk sebaskom es blewah dengan sirop berwarna merah. Mereka mengatakan, minuman itu akan diberikan kepada orang-orang yang ingin berbuka di masjid. Selain membantu membuatkan minuman untuk orang-orang di masjid, ketiga ibu ini juga membantu tim Humanity Food Truck sejak dari proses memasak sampai membagikan sajian iftar pada Jumat (10/5) lalu.

"Dari kemarin pagi (9/5) kita sudah ada yang bantu memotong sayurannya, terus ada tadi siang yang memasukkan nasi ke kotak, kita ikut bantu terus sampai kita tadi juga ikut membagi-bagikan paketnya ke masyarakat," ujar Hamsah, salah satu ibu yang membantu.

Hamsah tidak sendiri, ia dibantu oleh dua orang lainnya yakni Komariyah yang masih punya hubungan kerabat dengannya, dan Ina, yang tidak lain adalah anak dari Hamsah. Sebelum ini, mereka mengatakan pernah juga membantu proses distribusi hidangan Humanity Food Truck sekitar sebulan lalu.

“Kita memang suka membantu kalau sedang ada acara di masjid. Malah tidak cuma sekarang, kalau ada acara Rajab, Syaban, juga sering kita berpartisipasi. Kalau sekarang ini, kita bantu Humanity Food Truck juga biar bulan Ramadan ini (suasananya) bisa tambah ramai, dan warga juga mudah-mudahan senang,” ujar Hamsah.

Ia pribadi mengaku turut senang dengan kehadiran Humanity Food Truck yang beberapa kali telah menyapa warga sekitar. Oleh karenanya, ia beserta Ina dan Komariyah merasa antusias menyambut acara ini.

Menurut Hamsah, ia tidak mematok biaya atas bantuannya. Namun, setiap penyelenggara kerap membayar jasa Hamsah seikhlasnya. Ia kini memang tidak bekerja dan menjadi tanggungan anaknya yang bungsu, sementara Inah dan Komariyah bekerja sebagai asisten rumah tangga. Hampir dari mereka semua bekerja menghidupi diri sendiri karena semuanya sudah tidak memiliki suami.

Di tengah obrolan, seorang marbot dari masjid datang menjemput es blewah buatan ketiga ibu tersebut untuk orang-orang berbuka puasa. Azan Magrib menjelang dan Humanity Food Truck berbenah. Hari itu, niat ikhlas para ibu tersebut untuk menyemarakkan Ramadan bersama Humanity Food Truck dengan membagikan 1.000 paket iftar, berakhir sukses. []